NEWS UPDATE

Yayasan LKI Kita Buka Layanan Rehab Rawat Jalan ODHA Bekasi mendung menuju hujan PUSKESMAS PENGASINAN UNTUK LAYANAN PADA MASYARAKAT SEMENTARA PINDAH KE BELAKANG GEDUNG KARENA SEDANG DI RENOVASI Warga bekasi lebih pagi kalau mengurus NPWP

BERITA UMUM

bas

SDM Pendidikan Tinggi Hanya 7,2 Persen

Administrator | Kamis, 09 Februari 2017 - 19:26:10 WIB | dibaca: 2142 pembaca

PRESIDEN Joko Widodo saat membuka Rapat Terbatas Optimalisasi LPDP di Kantor Presiden, Selasa 7 Februari 2017 mengungkapkan data proporsi SDM. Disampaikannya, proporsi SDM dengan kualifikasi pendidikan tinggi di Indonesia hanya 7,2 persen dari angkatan kerja.

Angka itu terbilang rendah dibanding negara tetangga seperti Malaysia yang sudah mencapai 20,3 persen. Begitu juga perbandingan jumlah insinyur per satu juta penduduk, Indonesia sebanyak 2.671, lebih rendah dari Malaysia, Vietnam, dan Korsel.

Untuk itu, dia meminta Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) lebih mengoptimalkan program pembiayaan pendidikan sebagai investasi di bidang sumber daya manusia (SDM).


Dia juga mengingatkan, tahun 2020-2030, Indonesia diprediksi akan memiliki banyak sekali SDM di usia produktif. Sehingga, pemerintah tidak hanya fokus pada pemerataan akses pendidikan dasar dan menengah, tapi juga di perguruan tinggi melalui optimalisasi LPDP.
“Untuk itu saya ingin menekankan bahwa investasi di bidang SDM termasuk melalui pemberian beasiswa perguruan tinggi, pendanaan riset merupakan investasi yang sangat penting bagi negara kita untuk maju di masa yang akan datang,” kata Presiden Jokowi dalam rapat yang dihadiri jajaran menteri kabinet kerja.

Selama ini, kata Jokowi, LPDP telah melakukan pengelolaan sebagian alokasi dana pendidikan APBN. LPDP sendiri telah menyalurkan beasiswa kepada 16.295 orang yang tediri 8.406 beasiswa dalam negeri dan 7.889 penerima beasiswa luar negeri.

“Namun perlu saya ingatkan dalam investasi pembangunan SDM ini harus betul-betul fokus, harus tepat dan terarah. Untuk itu saya minta program LPDP baik program beasiswa pendaanan riset, maupun rehabilitasi pelayanan infrastruktur pendidikan untuk lebih dipotimalkan lagi,” pintanya.

Beberapa program yang diinginkan Presiden Jokowi antara lain, pemerataan kesempatan bagi anak-anak bangsa yang berprestasi di seluruh pelosok tanah air, khususnya di daerah tertinggal dalam memperoleh pendidikan tinggi.

Kedua, investasi untuk pengembangan SDM harus sejalan dan sinkron dengan prioritas pembangunan nasional. Karenanya, penyaluran beasiswa LPDP harus fokus untuk menghasilkan SDM yang berkualitas dalam bidang keilmuan yang menjadi unggulan dan prioritas. Baik itu di sektor maritim, sektor energi, pangan serta sektor industri manufaktur dan pengembangan ekonomi kreatif. (*/jpnn/ps/gob)










    Komentar Via Website : 207
    Cara Mengobati Infeksi Paru Paru
    28 Februari 2017 - 16:39:57 WIB
    selamat sore semuanya... terima kasih, ya, beritanya... sukses terusss | https://goo.gl/bQRzLY | https://goo.gl/QdA0wE | https://goo.gl/iSRJr6 | https://goo.gl/mbVzN7 | https://goo.gl/ZNyHlZ | https://goo.gl/Wfh0IE |
    Cara Mengobati Vaginitis
    02 Maret 2017 - 07:17:24 WIB
    kamis manis... semoga hari ini lebih baik dari kemarin... Thanks banget untuk update beritanya :) | http://bit.ly/2mv7NJQ | http://bit.ly/1y6OogY | http://bit.ly/2mMSGaQ | http://bit.ly/2lVpBwo |
    obat radang tenggorokan di apotik
    06 Maret 2017 - 14:46:24 WIB
    https://t.co/I9Ik7q5kyG obat radang tenggorokan di apotik
    http://bit.ly/2mVAwV8 obat radang tenggorokan di apotik
    http://ow.ly/DF9e309Cl2i obat radang tenggorokan di apotik
    https://goo.gl/0DwUpb obat radang tenggorokan di apotik
    Penyakit Hisprung Sembuh Tanpa Operasi
    07 Maret 2017 - 15:21:25 WIB
    Cara mengobati congek dg bawangputih > http://agisherbal.com/penyakit-hisprung-sembuh-tanpa-opera si-dengan-qnc-jelly-gamat/


    Nama

    Email

    Komentar



    Masukkan 6 kode diatas)