NEWS UPDATE

Yayasan LKI Kita Buka Layanan Rehab Rawat Jalan ODHA Bekasi mendung menuju hujan PUSKESMAS PENGASINAN UNTUK LAYANAN PADA MASYARAKAT SEMENTARA PINDAH KE BELAKANG GEDUNG KARENA SEDANG DI RENOVASI Warga bekasi lebih pagi kalau mengurus NPWP

KABAR KOMUNITAS

Atus.lkita

RUMAH SEHAT KAMMI

Administrator | Jumat, 03 April 2015 - 15:18:05 WIB | dibaca: 1515 pembaca

Rumah Sehat Komunitas Adiksi & Metadon Sukabumi (Kammi) terletak di tengah Kota Sukabumi, tepatnya di Jalan. Mesjid  No. 19 Kelurahan Gunung Parang Kecamatan Cikole Kota Sukabumi.
Proses terbentuknya Rumah Sehat Kammi dimulai sejak bulan November 2014, dan diresmikan oleh Ketua RW 04 setempat tanggal 28 januari 2015 dan diketahui pula oleh RT, Kelurahan Gunung Parang dan Polres Kota Sukabumi serta KPA Kota Sukabumi. yang mana Rumah Sehat Kammi ini terbentuk atas inisiatif kawan-kawan pecandu baik yang masih aktif dan yang sudah tidak aktif. 
Awalnya, kawan-kawan metadon membutuhkan tempat singgah yang aman dan steril dari narkoba untuk upaya pemulihan. Lambat laun tempat ini beralih fungsi, yang tadinya hanya untuk sekedar tempat nongkrong kemudian berkembang menjadi tempat konseling dan diskusi bagi pecandu dan masyarakat yang ingin mengetahui tentang narkoba dan HIV-AIDS. Semakin banyak diskusi dan dialog dalam kegiatan nongkrong tersebut, lalu muncul ide-ide baru untuk mengembangkan kegiatan-kegiatan poisitf lainnya.
Kawan-kawan pecandu menyadari bahwa pecandu atau mantan pecandu kerap kali mendapat stigma negatif dari keluarga dan masyarakat yang dapat mempengaruhi mereka sulit bersosialisasi dengan lingkungan dan masyarakat sehingga berdampak pada kualitas hidup mereka. Dalam hal ini, mereka saling memberikan support dan berbagi keahlian, mengadakan kegiatan sesi edukasi bagi pencandu dan kegiatan rutin olah raga agar mereka bisa kembali hidup normal di masyarakat secara berkualitas dan diterima oleh keluarga dan masyarakat. 
Dalam menghadapi stigma tersebut, kelompok Rumah Sehat mendorong komunitas pecandu dan ODHA agar mau terbuka kepada pasangan dan keluarganya. Dan mereka bersedia membantu dan  memfasilitasi dalam upaya menghapus stigma dan diskriminasi dalam keluarga dan lingkungan terhadap pecandu dan ODHA.
Semakin banyak diskusi yang terjadi, mereka semakin kritis dan menyadari kebutuhan mereka. Mereka pun melakukan upaya-upaya advokasi ke Kepolisian, KPA kota Sukabumi, Dinkes dan Rumah Sakit terkait dengan kesetaraan hak dan peningkatan layanan kesehatan bagi pecandu dan ODHA. Salah satu hasil dari advokasi kawan-kawan Rumah Sehat adalah perubahan kebijakan harga retribusi layanan metadon di Puskesmas Sukabumi, yang kini sedang dalam proses, dan layanan Lab CD4 murah di LABKESDA Kota Sukabumi.
Kini Rumah Sehat dijadikan tempat sarana dalam kegiatan Pokja PMTS Wilayah Lapang Merdeka dan Alun-alun Taman Kota Sukabumi, sehingga Tidak hanya komunitas pencandu dan ODHA saja namun komunitas Waria, LSL dan masyarakat umum lainnya ikut terlibat dalam kegiatan Rumah Sehat. Tidak cukup dengan komunitas saja, kemitraan dan jejaring dilakukan dengan Organisasi Kepemudaan seperti Karang Taruna, Pemuda Pancasila dan Sukabumi Society Creative serta komunitas BMX & Skate Sukabumi untuk memudahkan dalam memberikan informasi HIV-AIDS dan narkoba kepada anak muda dan masyarakat.
Untuk meningkatkan kualitas hidup sehat pecandu dan ODHA, setiap hari minggu Rumah Sehat mengadakan olahraga Basket dan Voly. Dan setiap hari Selasa mengadakan pertandingan Futsal.










Komentar Via Website : 19
Cara Mengatasi Polip Hidung
06 April 2015 - 09:04:42 WIB
Selamt pagi, selamat berjumpa kembali di hari senin.. Terimakasih untuk infonya ^^ http://mengatasipoliphidung.obatpenyakit.co.id/ http://goo.gl/lhpGqR :)
Cara Memutihkan Ketiak Dan Selangkangan Yang Hitam Secara Alami
20 Mei 2016 - 15:03:23 WIB
terimakasih, artikelnya bermanfaat http://goo.gl/TwBr0a
obat herbal penyakit hernia alami tanpa efek samping
27 Mei 2017 - 09:52:33 WIB
Terimakasih informasinya http://goo.gl/VWE51R
AwalKembali 12 Lanjut Akhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)