NEWS UPDATE

Yayasan LKI Kita Buka Layanan Rehab Rawat Jalan ODHA Bekasi mendung menuju hujan PUSKESMAS PENGASINAN UNTUK LAYANAN PADA MASYARAKAT SEMENTARA PINDAH KE BELAKANG GEDUNG KARENA SEDANG DI RENOVASI Warga bekasi lebih pagi kalau mengurus NPWP

BERITA UMUM

Capai Swasembada Kini Cukup dengan Produksi 28 Juta Ton Beras

Administrator | Jumat, 20 Maret 2015 - 17:13:59 WIB | dibaca: 649 pembaca

Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) telah menurunkan angka target produksi beras yang masuk kategori swasembada menjadi hanya 28 juta ton. Padahal dalam Peraturan Presiden Nomor 2 tahun 2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019, untuk masuk kategori swasembada beras, tercantum angka produksi 82 juta ton yang harus dicapai Jokowi pada 2019.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menjelaskan alasan diturunkannya target swasembada itu setelah pemerintah melakukan verifikasi ulang target awal tersebut. JK menjelaskan, verifikasi yang dilakukan pemerintah adalah dengan mengubah standardisasi pengukuran konsumsi rumah tangga yang dibuat Badan Pusat Statistik (BPS) dari sebelumnya 139 kilogram per tahun atau 380 gram per hari, menjadi 114 kilogram per tahun setara 312 gram per hari.

"Dengan begini target swasembada lebih cepat, karena angka secara nasional 28 juta ton beras. Pasti bisa mencapai swasembada beras di tahun ini,” kata JK di kantornya, Jakarta (20/3).

Jika jumlah produksi beras yang masuk kategori swasembada dipangkas menjadi hanya 28 juta ton saja, maka pada pertengahan tahun diperkirakan pemerintah sudah mencapai target tersebut. Sebab sebelumnya Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Hasil Sembiring memperkirakan hasil panen dari sawah para petani di seluruh Indonesia sampai April 2015 bisa mencapai 20,9 juta ton.

Rinciannya, produksi beras pada Januari 2015 sebanyak 1,9 juta ton, Februari sebanyak 4 juta ton, Maret diperkirakan mencapai 7 juta ton, dan April dipercaya bisa menghasilkan 7 juta-8 juta ton beras. Sementara, konsumsi beras di masyarakat per bulan hanya mencapai 2,5 juta ton sampai 2,6 juta ton. Atau secara total hanya berjumlah 10,4 juta ton sampai April 2015.

Sebelumnya Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan untuk disebut berhasil mencapai program swasembada beras maka Indonesia harus mampu memproduksi beras minimal sebanyak 73 juta ton per tahun. Pemerintah sebelumnya sesumbar bisa mencapai target tersebut dalam waktu tiga tahun.

Mengutip data BPS, volume produksi beras nasional pada 2014 turun 0,63 persen menjadi 70,83 juta ton dibandingkan jumlah produksi 2013 sebanyak 71,28 juta ton. (gen)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)